Kenapa Go Go Go Green Indonesia?

Kenapa Go..go..go..green Indonesia?

oleh Zulaidin Mas pada 21 Mei 2010 pukul 16:11 ·

Pelatihan Perubahan Iklim yang dilaksanakan oleh Departeman Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim Pimpinan Kolektif Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (PKMN KAHMI) bekerjasama dengan Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) dan The Climate Project Indonesia (TCPI) pada tanggal 20 Mei 2010 adalah merupakan salah satu upaya untuk ‘meng-gongkan’ kompanye hidup bersih, sehat yang ramah lingkungan dengan menggunakan sumberdaya alam secara efisien serta menjaga kelestariannya. Terjadinya perubahan iklim disebabkan oleh perilaku manusia terhadap lingkungan dari kontribusi Gas Rumah Kaca (GRK) yang dilepaskan keudara dari tahun ke tahun semakin meningkat. Terutama oleh negara maju yang mengkonsumsi energi yang berasal dari bahan bakar fossil yang paling besar ditambah dari negara berkembang yang karena ‘kerakusan’ maupun karena ‘kemiskinan’ penduduknya melakukan perusakan hutan (illegal loging) serta kegiatan pembakaran.

Pelatihan perubahan iklim dimaksudkan adalah memberikan ‘pengayaan’ pengetahuan kepada para Connector (Penyampai Pesan) untuk disampaikan kepada masyarakat dilingkungannya yang lebih kecil lagi (rumah tangga, kelompok pengajian, majelis taklim, pasantren,sekolah,organisasi-organisasi sosial masyarakat lainnya) secara efektif dalam jangkauan yang luas seluruh Indonesia. Pesan yang akan disampaikan agar masyarakat sadar terhadap penyebab terjadinya perubahan iklim, akibat-akibat dampak yang telah dan akan terjadi, bagaimana solusi mengatasi perubahan iklim serta bagaimana berperan serta ikut berbuat dalam rangka menanggulangi perubahan iklim bersama-sama masyarakat dunia lainnya.

Dalam acara pelatihan tersebut telah diteriakkan slogan yel yel ..Go..go..go..Green Indonesia! ..yang diteriakkan pagi itu oleh peserta pelatihan Perubahan Iklim diruang Golden Balroom Hotel Sultan Jakarta sebenarnya lahir dari suatu ide, bagaimana menangkap semangat dan antusiasme dari peserta pelatihan yang berjumlah sekitar 250 orang yang datang dari berbagai wilayah. Panitia yakin, peserta yang hadir di pelatihan adalah orang-orang yang mempunyai semangat keperduliannya yang cukup tinggi dan ingin berbuat untuk mengatasi perubahan iklim global yang telah dan akan membawa banyak kejadian bencana alam.

Untuk menghimpun semangat itulah lahir yel-yel ..Go..go..go Green Indonesia! Kalimat ini diteriakkan tiga kali dengan tangan kanan mengepal keatas. Teriakan ini diharapkan akan menyentuh setiap hati nurani masyarakat seluruh Indonesia untuk memikirkan dan berbuat sekecil apapun untuk mengatasi perubahan iklim. Philosophi ..Go tiga kali adalah…maju..maju..maju Indonesia, maju dengan menghijaukan Indonesia ..ramah lingkungan!

Masalah lingkungan yang paling yang paling kecil di mulai dari rumah-rumah tangga penduduk Indonesia. Sebuah rumah tangga tulang punggung untuk menafkahkan keluarga adalah seorang Ayah. Ayah yang ‘maju pergi bekerja’ (go) membawa pulang sumberdaya alam yang siap untuk di konsumsi oleh anak isterinya dirumah. Setelah dikonsumsi tinggallah sisa-sisa yang harus dibuang yang ketika dikumpulkan menjadi sampah berton-ton dari kota-kota besar yang ada di Indonesia dan dunia. Senadainya sisa-sisa ini bisa di daur ulang dan dimanfaatkan lagi (didaur ulang) mungkin sebagian masalah sampah bisa diatasi. Seorang Ayahlah yang paling bertanggung jawab apa yang dibawa kerumah Indonesia…go..go..go..kemudian dari rumah seorang ibu (isteri) hadir meneriakkan ..green Indonesia! dari rumah tangga-rumah tangga ..maka InsyaAllah Indonesia ini akan menjadi hijau!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s