Hari Pertama..Aku merasakan keteduhan, kedamaian & ketenteraman alam mmeluk cuaca pagi hari ini di Ibukota ..Smg keteduhan, kedamaian & ketenteraman pelukan alam pagi ini, dpt menyatu & merasuk kehati sanubari Sdr(i)ku yg mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadhan hari ini..Kami ingin Ya Rabb, Engkau sbg Penguasa Keteduhan, Kedamaian & Ketenteraman jg dpt memeluk hati kami yg sdg berpuasa ini..Amin YRA.
Nengah Julianan Selamat beribadah puasa dan semoga mendapatkan kekuatan dlm pengendalian dan kekuatan hingga berjalan sampai batas waktu puasa selesai,
@Pak Nengah Julianan, terima ksh pak, terima ksh silaturrahminya..slalu sukses!
@Ibu Ida Novrida Cu..tq jempolnya, smg Ibu slalu mjd ibu yg jempolan.Amin.
Hari Ke-2 ..Keseimbangan hidup antara setiap unsur kehidupan.. keseimbangan antara berproduksi dg mngkonsumsi..keseimbangan antara bulan-bulan dimana manusia makan di berbagai tmpt plus brbagai menu mkanan, dg bulan yg menghrskn lapar-dahaga di wkt2 makan (wkt beraktifitas, siang hari)..ketika kseimbangan itu trganggu..kita mulai menerima krusakan mulai mnjalari..harga2 mulai meningkat &kita mulai individualis..
Puasa menetralisir kerusakan yg ditimbulkan karena kelebihan mengkonsumsi dr pd brproduksi..dampak kerusakan yg terjdi manusia mjd individualis, berpikir semata2 materi shg brlomba2 mengumpulkan materi tanpa berpikir benar-salah serta halal-haram..
Manusia kapitalis lahir dari nafsu konsumtif, individualis tak perduli sesama apakah orang lain makan atau tidak..perilaku itu kalau sdh dianut oleh bnyk orang jadilah ideologis ..yg disebarkan keseluruh belahan dunia dg cara2 penjajahan kolonialis..maka dampak yg dirasakn ada belahan bumi yg makmur/berlebih (negara2 maju Eropa, AS dan sbgn Asia) ada yg miskin kelaparan, masyny jd pengemis (negara2 benua Afrika, Amerika latin, sbgn Asia trmsk Indonesia)..Puasa mjdkn kita berkeadilan!
The invisible hand (tangan yg tak nampak) konsep Adam Smith yg dipelajari ekonom2 lulusan perguruan2 tinggi ternama dari dlm dan luar negeri hanya bisa membeo teori.. berlaku di pasar..skrg kembali beraksi .. perilaku pelaku bisnis kapitalis yg dibiarkan tanpa intervensi& kendali dari pemerintah (penguasa sbg penonton atau penguasa jg telah di setel oleh permainan mareka dg suap dan sogokan, atau penguasa sbg pemain juga..wallahu’alam..)..penguasaan asset2 ekonomi negara spt lahan yg shrsny utk kepentingan & kesejahteraan masy mjd asset pribadi konglomerat..lahan perkebunan, real estat, pertambangan dst dikuasai oleh konglomerasi..yg miskin tambah miskin yg kaya makin kaya..kemiskinan struktural makin mjd jd..
Tidak diutusny Rasul Muhammad SAW oleh Allah SWT kecuali utk memperbaiki perilaku dan mjd teladan bg manusia ..bgmn berperilku,berahlaq yg mulia dan berbisnis yg menguntungkan .. teladan itu datang mengajari mencari makan/berdagang dg cara yg benar tdk merugikan konsumen, tdk melakukan penimbunan2 barang dan menaikkan harga barang disaat orang bayk memerlukan, membagi hsl keuntungan dg sedekah dan zakat, membantu anak2 yatim, membangun2 sekolah/rumah sakit yg kalo perlu gratis kpd bg mrk yg tdk mampu ..bahkan Nabi SAW sebelum mjd Rasul sdh mencontohkan, krn itu penting!
Konsep menahan diri utk tdk makan & minum serta dr sgl sesuatu yang membatalkn, kebutuhan manusia utk mengatur kembali keseimbangan perilaku individual yang seterusnya menuju pada perilaku kumpulan, agar lbh perduli dan manusiawi..agar ekonomi lbh berkeadilan..karena makhluk manusia adalah merupakan makhluk sosial, bukan makhluk hewan..
Bukankah kita sering menyaksikan dlm ritual kepercyaan atau agama manusia, ada yang menyiksa diri dan berbagai perlakuan lainnya sbg penderitaan fisik utk dapat merasakan bgmn ‘beratny’ penderitaan shg dari prosesi tsb diharapkan manusia akan mencapai kodratnya yang mulia dan suci dan pantas memperoleh syurga atau nirwana..?
Ajaran agama ini mengajarkan konsep yg berbeda dari yg ‘merusak fisik dan rohani’ mjd ‘yg memperbaiki dan mngobati’ karena puasa sdh banyk penelitian kedokteran menyatakan dpt menyehatkan fisik badan dan jiwa seseorang bila menjalaniny dg benar..
Konsep universal trlihat nyata, melebihi teori manusia ..bgmn peranan penguasa membangun Baitul Mal semacam ‘Bulog-nya’ untuk mencegah perilaku liar pebisnis mempermainkan harga disaat ‘paceklik’ dan tingginy kebutuhan..Baitul Mal dan zakat menjadi lembaga penolong bagi mareka yg tdk mampu atau kalah dlm persaingan dlm mencari makan..sekali2 bukan utk mrk yg malas dan peminta2..krn meminta2 dlm ajaran ini tdk sekali2 diajarkan ..meminta2 akan merendahkn diri dan agama..kalo bs semua hrs tangan diatas, tdk mampu memberi nilai tangible dg nilai intangible (spt mengajar ilmu pengetahuan dls) ..krn itu ummatny hrs pintar.. dan pintar itu iqra’ (bacalah) tdk hrs dg sekolah formal tp jg nonformal..lihatlah betapa indahny ajaran ini!
Keseimbangan hidup antara setiap unsur kehidupan, tdk hanya kehidupan manusia tapi kehidupan semuany yg ada dialam, flora, fauna dan semua jenis jasad renik yg tertangkap secara kasad mata maupun yg tdk, antara yg biotik maupun abiotik ..sesama makhluk Tuhan yg perlu hidup dan menikmati kehidupan..ditangan manusia yg sdh diberi mandat khalifah yg mrk memungkinkan mendpatkan keseimbangan..
@all sahabats..tq, dg puasa kita mnj yg jempolan!
Hari ke-3..Timbangan Keadilan.. Betapa penting sebuah timbangan bagi seorang pebisnis? Pekerjaan seorang yg menjadi pebisnis adalah menimbang ..menimbang tidak hanya benda-benda yg ada wujudnya, tapi juga harus bisa menimbang yg namanya perasaan ..Pekerjaan jual-beli akan sgt penting memperhatikan keadaan timbanganny masing-masing, apakah sdh di kalibrasi atau belum dg keadilan?
Timbangan keadilan..ketika mulut manusia pembeli (konsumen) mengatakan kami percaya pada pedagang ini atau itu, karena dalam kamusnya tidak ada perilaku menipu..dia memperlakukan konsumenny dengan adil..dia tdk menggunakan kesempatan untuk mencekik konsumen seperti saat2 ini..dia melayani konsumenny dengan hati!
Pernahkah kita tertipu oleh pedagang yang bakhil (kikir, lokek atau pelit)? Mungkin semua kita pernah mengalaminya terutama Ibu-ibu rumah tangga yang sering belanja kepasar, bukan?Barang yang dibelinya seharusnya 1 kg tp nyatanya tdk sampai..Memberi lbh dari pedagang justru lbh baik dr pd kurang..inilah yang disukai Rasulullah SAW dalam berdagang..
Kita harus pintar menimbang dan memperhitungkan..sebelum kita akan ditimbang pada timbangan pegadilan yang terakhir..Baguskanlah timbangan kita dan baguskanlah perilaku kita untuk menimbang ..itulah perdagangan yang menguntungkan..perdagangan yang surplus dengan nilai kebaikan ..bukan perdagangan bagaimana mengeruk keuntungan pada kesempatan ramadhan! Mumpung ramadhan telah datang semua kebutuhan meningkat, kapan lagi kita mengeruk keuntungan..logika ini yang sgt menyesatkan!
Perhatikan promosi atau iklan kita! Apkh cukup menyesatkan? Kita ingat barang yg berharga dan dibutuhkan akan dicari seseorang, sebaliknya yang tdk berharga cenderung tdk diperlukan..apabila suatu barang sdh di promosi berlebihan (diobral), malah konsumen jadi bertanya apakh ini barang berharga atau barang rongsokan..hati berpromosi, jangan sampai berlebihan aplg menyesatkan..ketika customers sadar dan punya keberanian, anda akan di komplain customers!
Ani –Ina comment.. pencemaran kesadaran hidup…..pertama orang mencari ilmu karena titelnya bukan isinya….kedua. bekerja karena kedudukan bukan tanggung jawabnya….ketiga. melihat orang dari statusnya bukan kemanusiaannya….
‎@Ani Ina..ya smart skali, pencemaran kesadaran hidup krn hilangnya timbangan nilai.. semakin hedonis, promosi berlebih trnyt brg rongsokan..bulan ini utk kita timbulkan kesadaran individu..terima ksh sharingnya!
@Pak Rifwandi R..tq jempolnya, jempol yg sebenarnya ada di akhirat tentunya.
Hari ke-4 ..Mangatur perut agar seimbang ..Masalah perut masalah dunia..Sejak dahulu perang dan kekacauan trjadi karena memperebutkan utk mengisi perut ..Berapa bnyk yg sdh jatuh korban? Dan hari2 kita melihat ada manusia yg bisa mengatur perutny ada yg tdk bisa..”Lucu ya? Kamu sekarang kog sdh ‘ndut’, sdh makmur ya?” Sering kita dengar ‘canda’ yg dmk ktk kita ketemu ssorg yg bersahabat?
Teuku Rizasyah Mahmudi pemicu peperangan diantara manusia hanya disebabkan 4 perkara:
Teuku Rizasyah Mahmudi ‎1. perang karena kekuasaan
Teuku Rizasyah Mahmudi ‎2. perang karena kekayaan
Teuku Rizasyah Mahmudi ‎3.perang karena kemaluan
euku Rizasyah Mahmudi ‎4.perang mengendrut…..hiii
Ani Ina islam begitu indah betapa tdk…dlm setahun ada satu bln yg mana di istirahatkan perut, selama 11 bln perut selalu diisi terkadg dgn yg halal dan terkdg dgn yg haram…kalo difikir-fikir lebih buas manusia dr pd hewan..bayangkan…manusia sembelih kerbau kulitnya dimakan tulangnya apalagi enak di sop…
Urusan perut didunia (internaional lho) siapa yg mengatur sih sampe ada perang sgl macam? Mengatur masalah perut ya mengatur makan2an yg trdiri dr padi2an, beras2an, minum2an yg di jual di rumah2 makan dan gaya hidup orang2 ..tdk usah di dunia, di Ind saja ..masalah perut yg ngatur internasional, bukan? Coba saja bs ngak ngatur harga sepotong ayam KFC atau Mc Donald 1000 rupiah misalnya ? Atau minuman cola2 harga Es tebu segelas?!
‎@B’Adek L..sumber ttp satu yi perut, coba kalo yg dimakan kerupuk bs ngak si ‘anu’ itu unjuk gigi, kan gak? Karena makanny yg enak2 itu, mkny si itu srg unjuk gigi..ngak tahu malu, bukan?
Aku trsenyum sendiri melihat foto2 diriku skrg yg agak menonjol di bgn tengah itu ..Pada foto yg lain dg pasangan, Aku pernah di protes begini..”..mbok kalo mau di ambil gambarny itu, dikempesin sdkt bgn tengahny itu..boleh trsenyum tp bgn tengahny, jgn ikut trsenyum..he he” Aku merasa bersalah tdk bs mengurus perut..Sampe pake ikat2an perut Ibu hamil sgl..syukur, akhirny datang jg kesempatan bagiku mengempesin perut!
@Ani Ina..enak ya tulang kebo di sop? Ah, bikin ngiler lg puasa begini..kata org, rasany begitu ‘menggoda’,bukan?! Nach itu dia kalo perut yg bicara ..Ani benar sekali, indah sekali bila kita bs mengatur yg enak2 itu tdk keblablasan..bgmn agar seimbang!
Ada yg bilang sich..perut org Ind ditentukn oleh harga brg internasional..dan ngak bs disalahkn jg krn bnyk mindset kita trtm yg dikota2 mindset luar negeri..gandrung dg luar negri ..coba saja pakai ‘internasional’ atau berbau negri (dollar) sana pasti laku keras, walau kantongny msh lokal (rupiah) ..org bilang sich gaya hidup (life style) ..gaya OKB yg shock culture!
Hari ke-5..Baredar menjemput keridhoan..Sejauh mana kita sdh berjalan menjemput keridhoan? .. Ketika satu langkah perjalanan sebelum berteduh kelelahan, pernahkah kita brpkir apa yg pertama di niatkan?..Setiap tmpt di bumi ini ada tmpt sujudny (mesjid)? Beredar sejauh apapun (bahkan ke tmpt yg disana tdk ada mesjid) yg kita bisa lakukan tanpa niat dan tahu tmpat sujud kita, bukankh itu sama saja tanpa tujuan?
Beredar spt makro dan mikro cosmos dengan grs edar yang telah ditentukanNya..atau tidak mengikuti aturan yang akan tercampakkan seperti benda2 langit yang hancur kebumi berantakan? Beredar dalam garis edaran yang tadinya jauh makin bertambah umur makin mendekat ke sumbu dan menyatu dalam keabadian kembali kepadaNya..Beredar dalam satu aturan ketika kumandang azan bergema semua bertakbir sujud ke arah yang sama sampai akhir dunia ..Atau beredar pada garis edar yang tadinya dekat seiring dgn berjalannya waktu tambah menjauh dan menjauh..Atau beredar pada garis edar yang sama dari waktu ke waktu tanpa perubahan..???
@All shbt..tq jempolny, slamat menikmati hidangan berbuka msg2 mudah2an semuany tak ada yg kurang, kalo msh kurang mari kita beredar lg mencari karuniaNya utk kmd kita syukuri.Amin YRA
Hari ke-6..Perjalanan spriritual.. Berbagai perjalanan yg kita tempuh sehrsny membuat kita mjd lbh kaya dg nilai-nilai ibadah ..Ada perjanan utk menyenangkn hati kita dan klg..perjalanan tamasya, tapi sebenarnya bgmn kita memaknai perjalanan itu menjadi lbh bermakna tdk hanya sekedar menyenangkan hati..
Apkh hanya perjalanan hajji & umroh itu saja yg kita maknai sbg perjalanan spiritual? Padahal dlm hidup kita demikian bnyknya perjalanan yg kita lakukan ..perjalanan dinas, perjalanan studi banding,seminar,workshop, lokakarya, tugas negara, diplomatik, misi khusus, berfoya2, study tour etc ..Semua perjalanan itu mnj ke suatu tmpt.. Bagaimana seandainya perjalanan yg sedang kita tempuh itu sbnrny sbh perjalanan menuju ke akhirat?
Mari kita merenung dari perjalanan2 yg pernah kita lakukan, mana perjalanan yg lbh dekat dg nilai ibadah dan mana yg tdk berkaitan ..Hidup itu adalah tdr dr langkah2 perjalanan yg sering orang menyebutny track of records (catatan langkah2) yg pernah dilakukan ssorg ..
@Pak Allmukkaram Khairul A..tq jempolny, salam holistik!
Khairul Alwan Ar-Rivai Nst FB bisa menjadi perjalanan spiritual bagi kita
Hari ke-7..Memperhatikn wkt (Al-‘Ashr). .Wkt itu brjalan brputar brulang2 atau trs melesat kedepan, mninggalkn stiap knangan & manusia trs menua..Sptny manusia srg tertipu krn pemberian nama wkt..cobalah ttg jam mslny hanya ada sehari semlm 24 jam brputar trs dmk, jg hari, tahun dst, apkh mmg dmk? Sbgn manusia mngira hr ini jam 5.30 sm dg 5.30 kmarin atau hr Minggu kmrn, pdhal ada sel2ny yg sdh mulai keriput?
Khairul Alwan Ar-Rivai Nst Orang biasanya menganggap itu hal yang biasa. Karena memang semua ingin belajar instant. Sama halnya, dengan banyaknya spanduk2 bergambar yang saat ini bertebaran di sepanjang jalan Jakarta. Kan musim kampanye Pilkada DKI masih jauh, eee malah sudah kampanye terselubung. Belum waktunya sudah kampanye. Kalau Mas Zulaidin bicara waktu masa lalu, kalau spanduk2 ini sudah ngebet dengan waktu yang akan datang. Inilah Dagelan metropolitan

@Almukaram Khairul A..ya, kita slalu melihat spanduk2 spt itu..inilah realitas..sbh kelicikan yg dipertontonkn kpd kita semua..tak sesuai kata dg perbuatan..hipokrit! mencuri wkt utk mendptkn kekuasaan & mengumpulkan harta! Tak perduli aturan dan kesepakatan..Org2 spt ini bgmn kalo berkuasa? Barang rongsokan perlu promosi yg berlebih bila perlu dia menarik perhatian dg di obral diskon ..he he..Biasany jgn terlalu bnyk berhrp penegakan hukum pdny, krn dia sendiri sering melanggarny.. Tp ada mencuri wkt utk meghrpkn kesalehan yi mengumroh & menghajjikn anak2 oleh org tuanya..ini agkny dianjurkn? Wallahu’alam ..wkt yg akan membuktikan itu semua .
Seandainya wkt itu dinamai dg tdk berulang misalny hari ini sdh sekian ribu (18.250 hari atau 430.000 jam) dr umur kita yg sdh mencapai 50 thn, mgkn mulai terasa mjd peringatan krn masa life timenya sdh mulai menipis ..dmk jg hari tdk dinamai berulang Minggu lg minggu lg,tp dinamai dg hari umur perkiraan dunia yg sdh tua dg ‘warning’ (hari mndekkati yaumil ahkir) yg sdh ditunjukkn dg tanda2 global warming dstny, mgkn kita lbh merasa..tp memang ada jg manusia walau sdh di warning, msh jg suka melanggar sunnatullah..
@Ninik..tq jempolny, selamat berbuka puasa, smg Allah SWT slalu memberikan rahmat, karunia dan berkahNya bg kita semua.Amin YRA.
Hari ke-8..Menjemput hidayah.. Kehidupn manusia tdk ada yg benar2 bersih, pasti ada ksalahanny yg mnyebabkn dosa, hati trnoda noktah hitam ..Ktk ksalahan yg kita lakukn krn ktidaktahuan, kurangny ilmu & pemahamn, khilaf,trpaksa mgk msh bs kita brharap petunjukNya utk pngampunan..tp ktk ksalahan yg kita lakukan disengaja & berulang2, bukankah kita sdh menentang Allah SWT, Pencipta kita? Nauzubillahi min zaliq!
Aku mau tahu KKN yg dilakukan Koruptor itu trmsk kesalahan yg dilakukan secara sengaja dan dilakukan berulang2 yg menyebabkan noktah hitam di hati makin menebal atau bukan? Kesalahan yg dilakukan itu dpt menimbulkan kerusakan mental ummat manusia yg luas dan sistematis..Sepengetahuan kita Islam datang memperbaiki, utk kemaslahatan, kesejahteraan, kebahagiaan dstny dan tentu saja menyatakan perang melawan kejahatan semacam ini..tp knp bnyk ummat yg melakukan?
Menentang Allah SWT adalah menentang Sunnatullah..melewan grs edaran.. yang berarti apa? Menunggu kehancuran..menunggu utk jatuh berkeping-keping, hancur lebur seperti benda-benda langit yang jatuh kebumi berantakan..penantang seperti ini disebut juga pengingkar kebenaran..to cover (kalo tdk salah asal kata dr kafir) artinya menutupi, mengangkangi, menghalangi hatinya dr kebenaran akibat noktah2 hitam yang menebal shg tdk sampai cahaya hidayah..tapi ada jg manusia sebelum jauh terjerembab dan hancur berantakan, ia menemukan titik balik..sepeti Umar Ibnu Chattabkah?
Bnyk cerita ttg org2 sukses sekarang dahulunya hancur-hancuran.. dahulunya perampok, bandit, mafia dan mngkn jg koruptor yang dia melakukan kejahatan karena ketidaktahuan, karena desakan kebutuhan, karena…tapi hati kecilny selalu resah gelisah tdk mau terima keadaan..Inilah bulan Ramadhan bulan utk kembali ke fittrah, sebelum jauh melangkah dan tidak ada waktu dan jalan lagi utk kembali ..no way to return..
‎@All shbts yg dirahmati Allah..tq jempolny, selamat berbuka puasa ..smg kenikmatan berbuka akn trs dpt kita rasakan sampai di penghujung ramadhan dan kita tutup dg Idhl Fittri..InsyaAllah! Amin YRA.
Hari ke-9..Menebalkan Myelin Keimanan..Hasil penelitian dr dunia kesehatan semakin trlatih ssorg smkin tebal myelinny dan cekatan mengerjkn pekerjaanny..jd pelatihan mmegang peranan penting bg kehidupan manusia utk meningkat kemampuanny mjd lbh baik..pelatihan bulan Ramadhan utk menebalkan myelin keimanan (sila kesatu Pancasila) dimana kondisi saat makin menipis, mgkn sdh aus perlu di remajakn.. wallahu’alam!
Penelitian demi penelitian slalu menunjukkan korelasi yg kuat dr dtemukannya sbh jwban yg menguatkan, knp suatu ajaran spt puasa misalnya hrs dilaksanakn? Karena manusia itu butuh, bukan Tuhan yg mengada-ada?..Apkh bisa dipahami oleh manusia yg tanpa pengetahuan, seolah puasa hanya Tuhan yg mewajibkan? Tidak juga semua yg diwajibkn Tuhan hrs dilakukan penelitian terlebih dahulu baru manusia melaksankn..tdk ada ilmuny manusia kecuali hanya sedikit..makany kita jgn sombong!
Apa yg berbeda pd ummat manusia? Jawabannya adalah perilaku..perilaku dpt kita lihat dlm kehidupan dan pergaulan sehari-hari..mana ummat yg mengikuti pelatihan puasa (dg benar), mana yg ikut (pura2) dan tidak ikut pelatihan sama sekali..Perilaku ramah tamah yg disandang bangsa ini (walaupun skrg sdh tergerus erosi), kira2 lahir dari suatu identitas yg ikut pelatihan puasa, bukan ya?
Perilaku para pahlawan bangsa ini yg berjuang dg meneriakkn Allahu Akbar menantang meriam penjajah dg bambu runcing ..perilaku mrk yg ikut pelatihan puasa, bukan ya? Perilaku yg ditunjukkn mareka anak2 bangsa ini ketika tsunami dan malapetaka melanda negeri ini (gempa & stunami Aceh, letusan Gn Merapi dll) dan bgn dunia (Gaza dg rumah sakitny, gempa& stunami Jepang misalny serta lainny)..soliidaritas yg tinggi utk menolong sesama (walau mgkn skrg sdkt trgerus erosi), apkkh perilaku mereka yg ikut pelatihan puasa, bukan ya?
Pernah ngak ketemu dg manusia yg sdh ikut berbagai pelatihan tapi tdk trjadi perubahan sikap pd dirinya? Mungk selama kita bergaul dg teman2 kita pernah kita pernah bertemu dgnya, bukan? Sama bukan ktk ssorg sdh menamatkn brbgai pendidikan, titelny sdh berjubel dan cukup bangga bgny mulai dr depan nama sampai ‘satu kilo meter’ kebelakang namanya.. Apany yg salah sich?
Hari ke-10..Knp Burung Camar Mati? Pantai Cincinnati AS suatu hari ditemukn bnyk burung camar mati..Ekologis dtg mmpelajari.. bbrp wkt ada nelayan yg mnjemur ikan kecil di pantai, shg tdk ada lg camar yg pinter cari makan susah payah dilaut ..bgt nelayan itu pindah/dipindahkn camar bnyk yg mati..Ekologis mncoba mndtgkn camar spesies baru yg alami.. spesies yg pinter mncari mkn di laut utk pengganti yg punah.
Kondisi sekarang seperti kondisi camar yg tadinya mencari makan dilaut dg bersusah payah, dg menggukn sgl kemampuan utk mendapat ikan tapi ‘dimanjakan’ oleh nelayan camar tsb dpt mendptkn ikan dan makan dg enak tanpa susah payah dg ikut berKKN riya..Bahayanya suatu ketika camar yg kuat sayapny dg anakny tdk tahu lg mencari makan lg lalu mati ktk masa itu telah lewat atau nelayan trs dipertahankn disana agar camar2 dan anak2ny dimanjakan, yg akn trbentk spesies camar yg tdk kenal lautan?
‎@Almukaram Khairul A..tq jempolny, smg kita tetap jd ‘burung camar’ yg mencari rizki secara alamiah.Amin
Hari-ke11..Ingin Berakhir dg Senyuman.. Tak semua pekerjaan yg kita kerjkn setiap hari dpt kita rasakan hslny dg senyuman, tp tdk sdkt hrs menitikkn air mata kesedihan krn tdk trpenuhiny harapan dan keinginan..Knp kita hrs menitikkan air mata? Pada hal kita tahu, siapa Yang Menilai & Memberi hasil..Apkh kita ingin menunjukkan, bhw kita tdk menerima keputusanNya?
Sering kita saksikan lbh ktk pemilu kmrn, ktk keinginan dan harapan tdk sesuai dg pengorbanan yg diberikn, ssorg mjd goyang bahkn brputus asa trhdp rahmatNya ..trlalu berambisi! Apkh kita tdk tahu, bhw keputsan akhir bukan ditangan kita..inilah bedanya manusia yg mjd budak hawa nafsu dan hambaNya yg sebenarnya (hamba yg ikut pelatihan puasa)..wallahu’alam bissawab!
@Pak Montery D..tq pak, selamat brbuka puasa smg puasa kita mjd puasa yg mndpt predikat taqwa.Amin YRA.
Hari ke-12 ..Waktu menanam.. Petani kehidupan tdk pernah berpikir jelekny musim (iklim/cuaca), bibit serta bnykny hama penyakit utk menanam, mrk tdk berhenti turun ke sawah/ladang trs menanam dgn harapan akan memperoleh hsl panen yg trbaik.. Menanam adalah ibadah spt yg terus mrk lakukan sehari semalam 5 waktu, ada niat, takbir, rukuk, sujud sampai salam.. sgt berkaitan satu dan lainny..
Petani kehidupan yg baik, dia tdk pernah mendptkn hsl panen yg jelek..krn jelek sekalipun hsl dlm kehidupan dunia, dia msh ada hslnya di akhirat, bukankah? Dia sebenarnya adalah seorg yg visioner yg bisa melihat jauh kedepan dari visi & misinya..
‎@Ibu Siti A..tq jempolny, petni kehidupan tdk pernah mengeluh dan mengalah bgmnpun keadaan alamnya..
Hari ke-13..Waktu memelihara..Setelah menanam ada wkt utk mmelihara, mngawasi tan, mmupuk dsb agar tanaman dpt tumbuh subur..Ada kala hujan turun dr langit mnyirami tan yg sdg tumbuh & matahari mmberikan sinarnya..angin & kupu2 dkkny datang mmbantu mngawinkan putik sari bunga agar cepat mnghasilkn buah..Dan ada kala hujan turun banjir mnghanyutkan semuanya, hama dtg mnyerang..Bgmn ini semua mjd ‘teman’ penolong bg kita & pd wkt yg lain mjd ‘musuh’ pembawa bencana?
Ada ujian dan cobaan yg slalu hrs siap kita hadapi sbg petani kehidupan, bukankah? Ada yg lulus menghadapi ujian dan cobaan tsb, biasanya persentaseny sngt sedikit..
Hari ke-14..Waktu memanen hsl..Panen yg ditunggu telah tiba..Ada masa utk menanam, memelihara dan memanen hasil yg sgt trgantg pd bnyk faktor yg mjd ‘teman’ yg mendukung utk keberhasilan panen..tdk semua kita menyadariny..Ktk hsl panen tiba kita cenderung mengira, bhw itu atas upaya kita sendiri..Dmk jg kita bnyk tdk mnydari, ingin instant langsung jd panen tanpa menanami dan memelihara tanaman kita!
@Tq almukaram Khairul A..Smg kita semua layak dpt ★!
‎@Ibu Ninik G..tq jempolnya, sy tdk meragukanny lg, sdh jelas Ibu petani yg baik..he he!
Hari ke-15..Peristiwa & pmbelajaran..Bgt bnyk peristiwa yg trjd dlm khidupan manusia yg dpt mjd pelajaran yg brharga utk mlangkah kedepan mjd lbh baik, baik pngalaman hidupnya sendiri maupun pngalaman org lain, baik pngalaman ummat manusia skrg ini maupun ummat sblmny .. Kebinasaan khidupan ummat2 sblmny, ilmu pengetahuan mnyebutny seleksi alam (natural selection), tp kita mngerti krn mngingkari Sunnatullah!
Tahukah kita bhw korupsi itu pekerjaan yg mengingkari Sunnatullah, yg akn membuat kerusakan dan kebinasaan suatu ummat? Korupsi membuat siklus mata rantai makanan (food chain) mjd tdk normal, menumpuk pada mrk yg kuat dan brkuasa, mematikan mrk yg lemah .. mengingkari prinsip2 keadilan yg sgt dijunjung tinggi dlm agama manapun!
Sesungguhny yg bathil itu akn hancur hanya menunggu wkt (Qulja alhaq quazahaqal bathil innal bathil laqana zahuqa)..sunnatullah semua makhluk/ummat beredar mnurut grs edar waktu masing2, tapi krn ada yg melawan grs edar dan hukum2 alam (sunatullah yg tertulis maupun yg tak tertulis), akhirnya menunggu wkt utk hancur spt benda2 langit yg jatuh kebumi hancur berkeping2..
Hari ke-16..Perubahan iklim (Climate Change)..Akhir2 ini sgt sering kita dengar kata itu berkaitan dg brbgai peristwa & kejadian alam yg trjd di berbgai belahan bumi..Naikny temperatur global (global warming) akibat pelepasan bbrp Gas Rumah Kaca (GRK) dr bumi ke atmosfir..Sbnrny ad Fenomena Pengingkaran Global trhdp Sunnatullah!
Kata yg lahir dr ilmuwan2 yg tak brTuhan (Sekuler) dg cukup yaqin dan fasih kita memahami & mengajarkan kpd anak2 dan rakyat kita ..seolah bumi ini mmg tdk ada Tuhan yg mengatur semuanya..seolah kerusakan2 yg ditimbulkan tgn manusia di laut dan didarat tanpa konsekuensiny di akhirat..Seolah kemajuan iptek bisa bebas nilai2 Ilahiyah..
Dalam kontek ‘manusia yg sombong’ akn iptek, kenyataan bumi tempat kita hidup sekarang ini..praktek keangkuhan merajalela krn kemampuan & penguasaan ilmu pengetahuan & teknologi..berlomba2 utk saling menghancurkan dg persenjataan modern dan energy nuklir..Kita lupa kemampuan otak kita, bhw tidak diberiNya ilmu kpd manusia melainkan hanya sedikit (..Ayassalunaka anir ruh qulir ruhu min amri rabbi wamaa utitum minal ‘ilmi illa qalila.. QS 17:85)
Sempena Ramadhan ini Aku menganjurkan kpd Bp/Ibu guru atau mrk yg mengjarkn ilmu atau penulis buku ttg ‘perubahan iklim’ atau global warming utk lbh2 utk sekolah2 agama utk menggunakan istilah dampak dr Pengingkaran Global trhdp Sunnatullah (Hukum2 Allah SWT baik yg tertulis Al-Qur’an & Hadist maupun Yang Tdk Tertulis yg tdr dr ilmu alam, kimia, biologi, matematika, dsb)
Istilah atau kata tersebut lbh tepat bg kita yang mengakui eksistensi Tuhan Allah SWT..drpd kata2 perubahan iklim yg seolah terkesan hanya berkaitan dg perubahan/pemindahan materi energi semata (mazhab materialis), tanpa adanya indikasi campur tangan Tuhan Yang Maha Kuasa pd setiap kejadian..Kita hendaknya tidak mnjd “pembeo’ tanpa nalar..
‎’Sunnatullah yang tidak tertulis’ yg Aku maksudkan tdk tertulis spt Al-Qur’an & Hadist ..sekarang ini sudah bnyk yang dituliskn dlm buku2 sejak zaman kejayaan Islam dulunya sampai zaman menurunnya kemampuan nalar.. tinggal kita mempelajarinya ..Karena kalo tidak, bgmn kita mau menjelaskan tentang ‘ilmu akhirat’ sementara kita hidup didunia? Tidak nyambung, bukan? Walaupun kita akui bnyk diantara kita belum mampu menulisny dengan baik, tentang penemuan-penemuan, riset, study dan penelitian2 krn keterbatasan ilmu dan kemampuan finansial ..dan bahkan kadang ktk kita coba menuliskan, cenderung trjebak pd faham sekularisme..antara dunia & akhirat seolah tdk ada kaitannya, apkh krn dari kecil (msk SD) kita sdh diajarkan ‘membeo’?..
Hari ke-17..Nikmat kemerdekaan.. Seperti seorng yg mlaksanakn ibadah puasa ramadhan, bekerja keras berkeringat mencukupi kebutuhan hidup keluargany, datang beduk azan maqrib utk berbuka puasa..itulah mungkin yg dirasakan para pahlawan pejuang kmerdekaan saat2 merdeka .. Sungguh suatu kenikmatn yg sulit digmbrkn dg kata-kata! Kecuali bg mrk yg ‘berpura2’ puasa & tak bekerja keras yg tdk merasakan kenikmatan itu!
Rifwandi Rasyidin Smg Nikmat2 ini bertambah,,, kalo kita diberi pemimpin yang jujur, tegas, gagah dan berani,yang melindung iRakyati dari para MAFIA dan KORUPTOR yang menyadap uang rakyat oleh Allah SWT,,,!!!
Zulaidin Mas Kelelahan, keletihan, kepenatan yg mendera, kehausan, kedahagaan, kelaparan yg membelit kerongkongan sdh sampai pada puncak penderitaan utk segera hrs ditolong oleh ‘tangan’ Yang Maha Kuasa dg melimpahkan rahmatNya berupa makanan-minuman berbuka Kemerdekaan yang lezat citra rasanya..Tapi sebagian kita mengingkari nikmat itu dg menjual makanan-minuman itu kepada yg tidak berpuasa dengan harga yg cukup murah (mengobralny), sdgkn sbgn saudara kita serta anak & cucu kita masih haus dahaga & kelaparan?
Irma Hafidh semoga semangat 17 Agustus 1945 dan `17 Ramadhan ini menyatu jadi 17 (baca satu tujuan) mengisi kemerdekaan ini dengan kebaikanuntuki kita bawa nanti dikampung akhirat kita, amiin…
Zulaidin Mas ‎@Almukrm Khairul A ..tq jempolny, moga2 slalu jd yg jempolan, aamiin
Hari ke-18..Menuju kemenangn..jln mnj kemenangan tdk mudah, kita mengetahuiny, krn kemenangn tdk diperoleh oleh bnyk org, tp hany di peroleh oleh org dg kualitas tertentu..Ujian dan tantangn mnju kesana mkin berat, bukan? Masih mngkinkah kita utk lolos? Siapakah yg akan keluar sbg pemenang? yang berhak mndpt tropi taqwa dan bebas dr api neraka (itkum minan nar)?
Zulaidin Mas Kualitas apa yg kita punya shg kita skrg ‘berani’ menantang atau bertarung utk menang..apakh kualitas pemikiran atau pengetahuan (intelektualitas), mengerti dr A sampai Z tentang berbagai hukum ttg puasa dan sgl seluk belukny? Seperti marek…Lihat Selengkapnya
Ainul Mardhiah Penutup perteungahan ramadhan km adakan buka puasa bersama d langsa msyaallah ramenya yg daftar bg… Berhubung ada sponsor pengusaha muda dr banda ach blh abg add d akmal elhanief bliu adk kls km dgn umur 25 thn dh derektur perusahaan d banda ach… tamatan mesir.
Hari ke-19..Jalan meraih kemenangan..bln ramdhan bln utk meraih kemenangn melalui cara/tahapan. Pertama dg puasa mensucikan hati dr sgl noktah hitam agar kembali ke fittrah..Kedua hati yg telah suci bersih akn mdh mengerti & memahami ayat2Nya (Sunnatullah) dg membaca Al-Qur’an diharpkan akn ‘turun’ (nuzul) di hati manusia (mlm nuzulul Qur’an) dan Ketiga puncaknya meraih Lailatul Qadar (malam
Zulaidin Mas Pentingnya langkah pensucian hati agar fittrah (kembali ke keadaan ‘semula jadi’ bhs Melayu) tdk dpt dipungkiri krn dlm kehidupan manusia bnyk sekali penyebab yg membuat hati itu kotor..Hati kotor akn mjd moral hazard..itulah yg dipertontonkan kepada kita semua hari-hari ini dlm berbangsa dan bernegara..Berhasilkan dg puasa kita mengembalikan hati kita ke keadaan semula jadi??
Zulaidin Mas Penssucian hati tidak hanya dilakukan dg berpuasa akan tetapi jg dengan mensucikan ‘makanan’ yg membentuk sel-sel penyusun hati kita dari keadaan yang tdk suci dan bersih yaitu dg mengeluarkan zakat fittrah maupun zakat mal..
Zulaidin Mas Infaq dan sedeqah adalah tools utk membersihkan hati agar cpt bersih dan suci, trtama yang sudah mulai ‘karatan’ dan mngkn sudah ‘korosif’ di makan usia yg memerlukan treatment khusus utk pemeberishan yang lbh intern..
Zulaidin Mas ‎@Add Ainul M..tq jempolny, smg slalu menjadi yang jempolan .Amin.
Zulaidin Mas ‎@Pak Erry S..Tq jempolny, pemenang adalah mrk yng jempolan, InsyaAllah! bh baik dari seribu bulan).
Hari ke-20..Keyakinan Hari Pembalasan.. Hanya manusia yg tdk yakin pd adany hari pembalasanlah yg berani hidup dg kepura-puraan/kebohongan & rekayasa sepanjang hidupnya..Alangkah naifnya, padahal sungguh hati sucinya selalu brbisik, bhw itu tdk benar dan agar segera mengkhiriny..Hati yg suci bersih (fittrah) tdk pernah sekalipun mengingkari perjanjian utk mnta’ati Sang Khaliknya..Kenapa, Engkau berpaling
Inon Beydha Lukman dan Harmain Iin menyukai ini.
Zulaidin Mas ‎@Ummu..tq jempolnya, smg slalu mjd yg jempollan, amin
Zulaidin Mas ‎@Ibu Inon B..tq Bu jempolny, smg kita semua slalu mjd pribadi yg tak pernah berpaling, istiqamah, Amin.
Hari ke-21..Kegigihan akn cita2 .. mnaklukkn tntangan & ujian dg mningkatkn/mmperbsr cita2..mndaki tebing tinggi dg tngkt ksulitanny sbgn kita akn mnyerah sblm mncoba, sbgn akn mncoba walau blm tentu brhasil..& sbrapa kteguhan kyakinan kita, bhw cita2 utk mmperleh kmenangn akn brhasil? Mmbayangkn hal2 yg indah & mnynangkn ktk brhsl..brtemu dg Allah SWT di kmd hari.. ikhtiar kerja keras & do’a, InsyaAllah!
Zulaidin Mas Ibarat Pecinta sejati yg merindukn brtemu kekasihny yg dirindukn ..surat cinta Sang kekasih semkin sering dibuka dan dibacanya..ketika membaca kata2 demi kata dg segenap hati, terasa makin trgetar hatinya semakiin dlm kasih sayang..tanpa trasa butir2 air mata mengalir membasahi pipi membayangkn pertemuan yg dirindukanny..pertemuan dg Sang Pecinta Sejati!
Zulaidin Mas ‎@Pak Rifwandi R..tq jempolny, smg kita bs melewati brbg tantangan dan ujian,amin
Zulaidin Mas ‎@Pak Montery D..tq jempolny pak, smg kita slalu fokus pd cita2 kita, bukan pd tantangan & ujian, Amin
Hari ke-22..Air mata penyesaln..Di sbh mesjid suatu hari dtg sholat pemuda A.. Ia sholat dsisi pemuda B..Ia sholat bgt khusyuk,sujudny lama & trdgr isak tangisny.. sdgkn pemuda B sholat biasa2 saja..Pemuda B brtny, bgm bs khusyuk sholat sampai bs mnangis spt itu ..”Aku bnyk mlakukan kjahatan selama ini & kini aku sadar,mnangis minta ampunanNya” jwb pemuda A.
Khairul Alwan Ar-Rivai Nst dan Mal Iki menyukai ini.
Zulaidin Mas Haruskah kita melakukan kejahatan dulu dan kmd sadar, khusuk, menangis dlm sholat? Hanya manusia/orang2 yg mempersepsikan diri sbg malaikatlah yg tdk merasa adany kejahatan dosa yg dilakukanny dan kmd sadar menyesal minta ampunanNya, lbh2 di bulan ramadhan ini ..Apkh kita merasakan, bhw kita malaikat?
Zulaidin Mas ‎@Mal Iki..tq jempolny, smg slalu mjd yg jempolan.Amin
Zulaidin Mas ‎@Almukaram Khairul A..tq, trs menuju ke puncak dg holisticny, smg, amin!
Zulaidin Mas ‎@all shbt..selamat berbuka puasa semua, smg puasanya ramadhan ini lbh bermakna dr sblmnya.amin.
Hari ke-23..Air Mata Kebahagiaan..Saat2 sekarang ini mgkn kita perlu bertanya, manakah air mata yg telah bnyk kita tumpahkan? Air mata kebahagian atau air mata kesedihan? Sungguh kita mngkn perlu kembali merenungkn, perlukah kita menumpahkan air mata kesedihan lebih banyak lagi seumur hidup kita bahkan sampai kiamat kelak? Bukankah nikmat Tuhan begitu melimpah disekitar kita, yg dpt membuat kita bahagia?
Khairul Alwan Ar-Rivai Nst dan Zulaidin Mas menyukai ini
Hari ke-24..Ksempatan/peluang trbaik.. Kita tdk pernah tahu kpn ksempatan/peluang trbaik dtg mghampiri hidup kita ..Apkh kita melihat setiap kesempatan/peluang yg dtg adalah kesempatan trbaik atau sebalikya..Bgm dg dtgny ramadhan ini, apkh ini merupkn kesempatan/peluang trbaik utk merubah hidup kita?
Rifwandi Rasyidin, Khairul Alwan Ar-Rivai Nst, dan Bambang Heru S menyukai ini.
Zulaidin Mas Bnyk diantara kita yg tdk menyadari, bhw peluang trbaik slalu dtg menghampiri, tinggal bgmn kita mmanfaatny agar tdk mjd sia-sia, bukankah?!
Zulaidin Mas ‎@Pak Bambang H..tq jempolny, smg puasa kita lbh baik nilainy dr ramadhan sblmny.Amin YRA
Hari ke-25..Air Mata Kehidupan..Brp butir air mata yg mengalir spjg kehidupan kita trtm selama malam2 Ramadhan? Siapa tahu tetesan air mata itu, itulah kehidupan masa depan yg sedang kita menitiny..Air mata yg merubah kehidupan kita ke arah yg lbh baik, air mata penyesalan & keinsyafan trhdp kekhilafan & kesalahan..tetes demi tetes air mata kehidupan yg membuat perubahan!
Siti Asfiyah Islam, Khairul Alwan Ar-Rivai Nst, dan Harmain Iin menyukai ini.
Zulaidin Mas ‎@Pak Harmain I..tq jempolny, smg slalu mjd yg jempolan
Zulaidin Mas ‎@Almukaram Khairul A..tq jempolny, smg slalu mjd yg jempolan
Zulaidin Mas ‎@Ibu Siti A..tq Bu, Smg slalu mjd Ibu yg jempolan bg klg
Hari ke-26..Mata Air Khidupan..Coba kita perhatikn lingk hidup kita dg mata airny .. dmk indahny bila tak trcemar oleh tgn kotor manusia..semua bs mnghidupkn kembali mggelontorkn kotoran yg mnyebabkn pencemaran & bersih suci mghdpkn bnyk kehidupan.. mnghidupkn hati2 manusia yg telah mati tercemar kotoran dg kesegaran ktk mminumny..Mata air khidupan kita telah trcemar yg mrubah fittrahny utk kmampuan mmbersihkn..
Rifwandi Rasyidin, Bambang Heru S, dan Zulkarnain Nazamuda menyukai ini.
Zulaidin Mas Tugas kita sbg khalifah tdk hanya mengembalikn hati kita yg telah kotor kpd fittrahny yg bersih & suci, tp jg bgmn mendayagunakn mata air kehidupan agar mengalir spjg tahun melaksanakan fungsinya sesuai fittahny pula, yaitu kemampuan menggelontorkan kotoran dan kemampuan membersihkan dg siklus Sunnatullah..
Zulaidin Mas ‎@Pak Zulkarnain N..tq jempolny, smg slalu mjd yg jempolan..
Zulaidin Mas ‎@P’Bambang H..tq jempolny, smg puasa kita diiterima Allah SWT. Amin
Zulaidin Mas ‎@P’Rifwandi R..tq jemmpolny, moga2 kita trmsk org2 yg jempolan
Hari ke-27..Malam Lailatul Qadar ..Selama umur hidup kita ini yg mngk sdh mnjelang senja, pernahkh kita mmbayangkn &brmimpi utk mndptkn malam itu, sekali saja sblm ajal mnjemput? Seandainy mlm itu tdk pernah kita temui selama hidup kita, paling tidak, kita pernah mmbayangkn & brmimpi mlm itu dlm hidup kita..mngk blm thn ini, InsyaAllah thn dpn sblm ajal datang..
Anda, Siti Asfiyah Islam, Ninik Gunawan, dan 2 orang lainnya menyukai ini.
Zulaidin Mas Bgmn kita bs mendptkn malam Lailatul Qadar, padahal membayangkn & bermimpi utk bertemu dgny saja tdk pernah?
Zulaidin Mas Membayangkn & brmimpi malam Lailatul Qadar itu saja sdh sdmk baik dan nikmatny bg kehidupan kita..aplg mendptkannya ..malam yg lbh baik dari seribu bulan!
Zulaidin Mas ‎@ibu Ina M..tq jempolny, smg puasany makin brmakna, Amin
Zulaidin Mas ‎@P’Rifwandi R..tq, moga2 kita dpt menemui mlm LQ dlm hidup kita, Amin
Zulaidin Mas ‎@Ibu Siti A..tq Bu, mdh2an dpt LQ, amin
Zulaidin Mas ‎@Shbt Ninik G..tq, slalu impian dpt LQ dlm hidup kita. Amin
Hari ke-28..Kemenangn hakiki..Ktk hati kita dpt mlihat & mrasakn realitas knyatan hidup antara ssma makhluk dprmukan bumi utk bs slg brbagi, agr khidupn dpt brlangsng harmoni antara ssma.. slg mngingati kbenarn.. adany prtanggung jwbn kelak dr akibat prbuatn tgnny pd hari pmbalasn.. ksadaran yg dr thn ke thn hrs dlatih, agr manusia tdk lupakn jati diriny, dr mn ia brasal, mau apa dia & kmna hendak pergi..
Anda, Khairul Alwan Ar-Rivai Nst, Rifwandi Rasyidin, dan 2 orang lainnya menyukai ini.
Rifwandi Rasyidin pak Zul,,, klo kita simak perjalanan anak manusia, mulai dari alam Ruh-Alam Rahim Ibu-Alam Dunia-Alam Barzah-Alam Mahsyar-Akhirat : KEMENANGAN yg baik dan di dambakan kira2 dimana ya ?
Zulaidin Mas ‎@P’Rifwandi R.. Mnrt sy krn Allah SWT telah menciptakn kita sebaik2 makhluk, dr siklus alam hidup kita tdk ada yg tdk mjd event utk mencapai kemenangan ..
Zulaidin Mas ‎@P’Rifwandi..kemenangan terbaik di setiap siklus, bukankah?
Zulaidin Mas ‎@Ibu Siti A..tq jempolny, smg slalu mjd yg jempolan, salam utk klg.
Zulaidin Mas ‎@Ibu Etyn Y..tq jempolny, bgmn sdh berada di kampung halaman ya..salam utk klg.
Hari ke-29..Mari bljar dr ikan laut..Hidup kita dg kyakinnny spt ikan laut yg tdk pernah asin walau lingkny seluruhny air asin ..bgmnpun kondisi saat ini, mestiny seorg Muslim tdk akn pernah trlibat dlm pnyakit KKN yg mghantui ..Tdk pernah asin krn keyakinn ddadany yg hdp & trs brenang mncari rezeki yg halal yg dsdiakn spt yg djanjiknNya .. siapa yg brsyukur akn dtmbhkn nikmtNya, tp bila kufur siksaNya sgt pedih..
Rifwandi Rasyidin, Jaya Arjuna, Herawati Djadun dan 2 lainnya menyukai ini.
Zulaidin Mas Pelatihan puasa kali ini hendakny mjd pelatihan terakhir yg memberikn kesadaran kpd kita, bhw korupsi & jenis kejahatan KKN dan lain sbgny yg telah menggerogoti sendi-sendi kehidupan brbangsa & brnegara,menyebabkn bnyk malapetaka krn mengingkari sunnatullah, harusny sdh kita tinggalkn..penyakit kufur yg akn hancur krn dtgny kebenaran!
Zulaidin Mas Pada akhir bulan pelatihan ramadhan ini kita ingin saling mengingatkn, trtm bg teman2 kita yg mempunyai kedudukan dan jabatan, jika anda melakukan KKN anda akn menerima siksaNya yg sgt pedih itu..apkh anda tdk malu dan menyadari bhw seumur hidup anda akn di cap koruptor sampai anak cucu anda akn menangung malu, martabat anda jatuh di mata masy mjd makhluk yg hina spt hewan tak layak hidup sbg manusia..
Zulaidin Mas Bangsa ini sdh ckp menderita krn KKN segelintir elite penguasa yg berkolusi dg kaum borjuis, kaum kuffar, hsl alamny trkuras tp tdk memberikn kesejhteraan bg masyny..peny ini telah diwarisi &trkontaminasi pd generasi poli-tikus muda yg mengejar ambisi kekuasaan dg menghalalkan sgl cara..hr ini telah kita saksikan kebohongan demi kebohongan, rekayasa, manupulasi data dan brbgai praktek percaloan & mafia..kehilangan sosok pemimpin idola!
Togap Rajagukguk s7 bro…..bkn utk muslim saja seluruh bangsa indonesia…..
Zulaidin Mas ‎@P’Togap R..Ok Bro s7, utk semua yg merasa diriny BANGSA INDONESIA kita serukan : ENYAHKAN KKN & SGL PRAKTEK MAFIA DI BUMI NUSANTARAKU INI, SEMOGA!
Zulaidin Mas ‎@Ibu Siti A..tq jempolnya Bu, selamat ‘idul fittri 01 syawal 1432 H, salam kami utk klg.
Zulaidin Mas ‎@Ibu Herawati Dj..tq jempolnya Bu, selamat ‘idul fittri 01 syawal 1432 H, salam kami utk klg.
Zulaidin Mas ‎@B’Jaya A..tq Bang jempolny, Selamat ‘Idul Fittri 1 Syawal 1432 H mhn ma’af lahir & bathin, salam kami utk klg.
Hari ke-30 (Penutup)..Energi Positif Ramadhn ..Ditengah ksibukan masy dunia utk mmenuhi kbutuhan energi konsumsi manusia yg makin mnunjukkn kserakahn..Kita yakin, bhw itu semua akn brakhir dg kehancuran ..kita sgt yakin, bhw keserakahan sumber malapetaka akn dpt dikendalikan..krn sumberny nafsu lawamah manusia yg menimbulkn energi negatif yg tak terkendali..Ramadhan mngndalikn & mnigktkn energi positif manusia!
Khairul Alwan Ar-Rivai Nst dan Siti Asfiyah Islam menyukai ini.
Zulaidin Mas Berapa bnyk energi anak bangsa ini yg dihabiskan utk mengurus keserakahan segelintir elite politik dg perilaku KKNny?
Zulaidin Mas Akankah energi positip dari bangsa ini terkuras terus utk mengurus keserahan elite yg tak tahu diri itu dan ini akan kita buktikan setelah bulan-bulan ramadhan ataukah diri kita sendiri (yg telah melatih diri selama puasa) akn terhanyut dlm pusaran energi negatif itu yg tak terkendalikan? Hanya diri kita sendir yg bisa membuktikan, bukankah?!
Zulaidin Mas Oooh Ramadhan, Engkau akan meninggalkan kita semua dg meninggalkan pengalaman perubahan di hati kita masing2..tapi kita masih ragu dan bertanya, mampukah kita ‘bekas’ ramadhan akn terus bersemi sampai kita bertemu lagi tahun depan atau akankah tergerus oleh erosi keserakahan?
Zulaidin Mas Energi positif ramadhan akan meng’recovery’ semua kerusakan ‘mental’ ummat manusia utk kembali ke awal fittrahny semula jadi yg bersih dan suci (Fittrah) ..Allahu Akbar..Allahu Akbar..Allahu Akbar ..Laailaahaillallah Allahu Akbar ..Allahu Akbar wa lillahilhamd..
Furqan Buchari Selamat Hari Raya (‘Iedul) Fithri 1 Syawal 1432 H. Mohon maaf lahir dan batin.
تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّ وَ مِنْكُمْ صِيَمَنَا وَ صِيَمَكُمْ كُلُّ عَامٍ وَ أَنْتُمْ بِخَيْرٍ
Semoga Allah Swt berkenan menerima setiap amal ibadah kita di bulan suci Ramadhan, mengampuni setiap kesalahan. Furqan Buchari seklrg
Khairul Alwan Ar-Rivai Nst Minal Aidin Wal Faizin, maaf lahir dan batin.
Zulaidin Mas ‎@B’Furqan B..ya Bang, terima ksh silaturrahminy telah mendahului..sama kami jg mngucapkn kalimat yg sama..SELAMAT ‘IDUL FITTRI 1432 H, mohon ma’af lahir & batin, smg kita trmsk gol org2 yg mndpt predikat taqwa, amin YRA. Salam kami utk klg..Abg lebaran dimana?
Zulaidin Mas ‎@Almukaram Khairul A..tq sahabat, terima ksh telah silaturrahminy, sama jg ucapan yg sama, atas kesalahan lisan, tulisan dan perbuatan, hati yg kadang salah menilai, mohon ma’af lahir&batin..SELAMAT ‘IDUL FITTRI 1432 H, smg Allah mengampuni dosa2 dan kesalahan kita dan kembali dlm keadaan fittri.Amin YRA. Salam kami utk klg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s