Taman Guel Park Barcelona

 

Taman Guel Park Barcelona

Bangunan arsitektur sangkar burung karya Antoni Gaudi seorang arsitek dan seniman Spanyol yang terkenal dimasa hidupnya pada tahun 1852-1926 M. Karya arsitekturnya dapat ditemukan di banyak sudut Kota Barcelona atau Catalan ini. Diantara lain adalah Park Guell atau Guell Park, Casa Mila dan Sagrada Familia (bangunan gereja yang sampai sekarang kabarnya belum selesai 100%, karena kerumitan arsitekturnya dan terus berkembang). Antoni Gaudi mencurahkan semua inspirasinya untuk membangun kota Barcelona yang ketika itu bersaing dengan kota Paris Perancis. Sehingga Kota Barcelona disebut juga sebagai galery hidup dari arsitektur dan dekorasi bergaya modernis dan Art Noveau (Seni Baru).

Park Guell adalah salah satu taman umum raksasa di kota Barcelona yang banyak dikunjungi tidak jauh dari pusat kegiatan ekonomi Kota barcelona tepatnya berada di atas Bukit Carmel. Di Taman ini ditemukan bangunan berciri khas/unique antaranya bangunan dengan arsitektur Sangkar Burung, yaitu untuk menyatukan karya seni dengan alam (nature) yang dijiwai Gaudi. Didalam lubang yang terlihat dari bangunan tersebut dihuni oleh burung dara (merpati). Selain itu terdapat bangunan dengan arsitektur khas tiang-tiang yang tinggi dengan menapaki beberapa anak tangga untuk menggapainya, dedepan bangunan ini ada patung naga raksasa yang dihiasi ornamen marmer berpola mozoik yang artistik, tempat yang tepat untuk untuk mengambil foto-foto kenangan. Ada juga bangku taman yang didesain dari marmer warna warni untuk beristirahat sejenak.

Menurut sumber tulisan yang kita baca, Antoni Gaudi membangun Guel Park disponsori seorang pengusaha/industrialis Spanyol pada masa itu bernama Eusebi Guell,(namanya diabadikan sebagai nama Taman) sebagai real estat yang mau dikembangkan untuk kawasan rumah elite Spanyol, dibangun sekitar tahun 1900-1914 M. Setelah membangun 1-2 bangunan sebagai contoh, mareka mulai melakukan pemasaran. Akan tetapi tidak ada peminat, akhirnya terbengkalai, sampai akhirnya pemerintah kota Barcelona mengambil alih menjadi Taman Kota yang dibuka untuk umum.

Kota Barcelona dengan luas sekitar 91 km2 sebagai area kota (city area) dan 477 km2 area metropolitan (metropolitan area) mempunyai 68 Taman yang terdiri dari 12 Taman Bersejarah (Historical Parks), 5 Taman Botani (Botanical Parks), 45 Taman Kota (City Parks) dan 6 Taman Hutan (ForestParks). Bandingkan dengan Kota-kota besar kita di Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s