Montjuic Hill Bukit Kota Barcelona

Montjuic Hill Bukit Kota Barcelona

Dari atas bukit tempat aku berdiri ini kelihatan latar belakang kota Barcelona dari kejauhan, kebetulan udara cerah sedikit sejuk, temperatur sekitar 18 derajat Celcius. Montjuic Hill sebuah bukit yang menhadap ke pelabuhan Barcelona, dimana dari sisi lain kita dapat melihat kearah pelabuhan dan laut. Daerah rekreasi termasuk salah satu tempat yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara. Disini terdapat areal rekreasi dengan air mancur buatan dan pemandangan yang indah baik kearah kota Barcelona maupun ke pelabuhan dan laut. Menuju kesana dapat ditempuh dari stsiun metro atau dengan kenderaan bus. Dari atas bukit ada kereta gantung yang dapat membawa kita turun kembali. Sayang karena waktu yang sempit kami tidak sempat untuk merasakan naik kereta gantung tersebut. Menurut cerita, dari ketinggian kereta gantung tersebut kita dapat melihat dan tentu saja berfoto dan merasakan sebagian keindahan kota Barcelona.

Dengan adanya bukit Montjuic Hill ini, tentu saja akan sangat bermanfaat bagi masyarakat kota, jika seandainya suatu ketika terjadi gempa dan menimbulkan tsunami seperti yang pernah terjadi dulu di Aceh akhir tahun 2006 yang banyak menelan korban. Mungkin itu juga sebabnya dulu sewaktu membangun kota Barcelona, penguasa kotanya tidak meratakan bukit tersebut dengan tanah. Bukit Montjuic Hill menjadi lokasi penyelamatan diri dari ganasnya gelombang stunami. Aku membayangkan dengan di negeri sendiri, mungkin dataran tinggi seperti ini langsung diratakan dibangun berbagai pertokoan dan perumahan (real estat)

Selain pemandangan yang indah disini juga terdapat museum seni, monomen dan benteng peninggalan awal sejarah Spanyol. Konon ceritanya, daerah ini dulu dihuni oleh komunitas Yahudi, karena peperangan atau pergolakan akhirnya mareka mengungsi, disamping banyak yang terjadi pembantaian. Montjuic Hill juga dikenal dataran tinggi tempat terjadi pembataian massal dalam sejarah gelap Spanyol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s