KAFFAH ENVIRONMENTAL MANAGEMENT SYSTEM (KEMAS)

PROPOSAL ENVIRONMENTAL TRAINING for INTELLECTUAL ON KAFFAH ENVIRONMENTAL MANAGEMENT SYSTEM (PETI KEMAS)

KAFFAH ENVIRONMENTAL MANAGEMENT SYSTEM

KAFFAH ENVIRONMENTAL MANAGEMENT SYSTEM disingkat dengan KEMAS. Untuk memberikan pengertian dalam bahasa Indonesia maka disingkat dengan kata KEMAS. Kata Kemas artinya Bersiap-siap, ber-kemas menuju ke Suatu tempat. Sebagaimsna manusia hidup di dunia hanyalah sementara dan semua akan menuju akhirat. KEMAS artinya mempersiapkan bekal diri dengan Ilmu (science) dan ‘amal dengan menajemen yang baik di didunia untuk menuju hari pertanggung jawaban akhir (akhirat). Suatu konsep Sistem Manajemen Lingkungan Terpadu/Menyeluruh (total-terpadu menyeluruh- dalam bahasa Al-Qur’an Kaffah) disingkat dg KEMAS (Dlm Bhs Ind), seperti yang disajikan pada diagram diatas.

Sebagai suatu sistem manajemen di’drive’ oleh Pemimpin yang benar, yaitu pemimpin yang akan menjadi ‘Pengemudi’ yang baik dalam membawa perjalann sitem orgnisasi apa saja yang ada dipermukaan bumi ini, yang diciptakan manusia, sesuai dengan jalur yg benar (the chosen track), jalur ihdinassiratal mustaqim atau jalur sunnatullah (hukum-hukum Allah SWT) sehingga kehadiran manusia dan makhluk biotis maupun abiotis lainnya menjadi rahmatan lil’alamin (rahmat bagi sekalian ‘alam). Dan sebagai khalifatullah fil ardhi manusia dalam mengelola alam akan berhadapan dengan sumberdaya alam yang ada disekelilingnya dan kemampuan sumberdaya manusia yang ada. Kemampuan sumberdaya manusia yang belajar (iqra’) terus menerus sampai akhir hayat, haruslah berlaku prinsip dari hari demi hari harus menjadi lebih baik agar tidak merugi (hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan esok harus lebih baik dari hari ini, dan seterusnya).
Prinsip-prinsip manajemen dari awal (stating KEMAS) harus diajarkan dan dilatih melalui pelatihan yang terus menerus seperti siklus yang berlanjut dengan materinya yang meliputi :

Kepemimpinan (MATERI PERTAMA : LEADERSHIP), membangun suatu sistem organisasi, visi, misi, core belief, core values, dan berbagai perangkat manajemen organisasi antara lain manajemen SDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategi dan lain sebagainya sebagai kebutuhan internal organisasi.

Mempertimbangkan seluruh Peraturan atau Kebijakan (MATERI KEDUA : ENVIRONMENTAL POLICIES) yang terkait lingkungan dan produk bisnis dan hal-hal terkait lainnya, baik yang diparaktekkan secara internasional, regional maupun lokal agar organisasi atau sistem dapat berjalan dengan aman, tidak melanggar aturan.

Selama Organisasi/Sistem berjalan yang berinteraksi dengan lingkungan hidup pasti akan ada kegiatan-kegiatan yang dilakukan yang dituangkan dalam program-program kerja baik jangka pendek maupun jangka panjang (MATERI KETIGA : ENVIRONMENTAL PROGRAM).

Program kerja ketika pelaksanaan/ di implementasikan dilapangan agar trjadi efisiensi energi dan sumberdaya akan menggunakan perangkat-perangkat (tools) manajemen, alat, teknologi serta standard-standar ukuran yang berlaku yang telah terukur dan terbukti keandalannya, agar efektif dan efisien dalam suatu pekerjaan. Sebagai contoh misalnya menggunakan International Standard Organization (ISO) dan lain sebagainya (MATERI KEEMPAT : IMPLEMENTATION OF THE PROGRAMS).

Untuk mengetahui apakah dalam pelaksanaan sudah berjalan baik, ataukah masih ada kekurangan atau kegagalan dan faktor-faktor apa yang menyebabkan kegagalan tersebut atau belum berhasil, maka perlu tindakan-tindakan perbaikan segera dan evaluasi secara menyeluruh (MATERI KELIMA : CORRECTIVE ACTIONS & EVALUATIONS), apa saja yang perlu dievaluasi dan bagaimana caranya serta tool apa yang perlu dipakai?

Langkah terakhir adalah sebagai bentuk laporan akhir tahun atau pertanggung jawaban dari suatu periode kepengurusan suatu sistem/organisasi, maka diperlukan kajian ulang sistem manajemen secara menyeluruh (MATERI KEENAM : REVIEW MANAGEMENT)

Demikian satu periode siklus berputar dan ini akan terus berputar, mungkin berganti kepengurusan/anggota atau orang-oarnag akan tetapi sistem akan berputar kembali setelah diperbaiki dan diperbaharui mana yang perlu diganti atau dikurangi dan lain sebagainya kembali ke persiapan awal yang baru (STATING KEMAS). Berputar terus menuju peningkatan dan perbaikan yang terus menerus (CONTINUOUSLY IMPROVEMENT).

ADA APA DENGAN PETI KEMAS ???

HUKUM KAUSALITAS SEBAB AKIBAT,  Ketika INTERAKSI/HUBUNGAN dengan TUHAN RUSAK , maka SUMBERDAYA MANUSIA Menjadi  Rusak ,  SUMBERDAYA ALAM DAN LINGKUNGAN Menjadi Rusak , Akibatnya Kita Menuai BENCANA DEMI BENCANA.  PETI Tempat Menyimpan Barang-barang Kita, Bisa Berarti Bungkusan,Kotak atau Apapun Namanya. Untuk Barang-barang Berharga yang akan dibawa jauh sampai ke akhirat akan ditentukan oleh PETI KEMAS. Kondisi bungkusan, kotak dan PETI KEMAS akan menentukan keselamatan Kita dari Bencana-Bencana Karena :

  1. PETI Sangat Penting Bagi Manusia Untuk Menyimpan Barang-barang yang Berharga Setelah Bekerja Keras Untuk Mengumpulnya
  2. Semakin Mahal Barang yg Disimpannya Maka Semakin Mahal dan Canggih PETI Tempat Menyimpannya Agar Tidak Bisa Dicuri Maling
  3. Berbagai Macam Jenis PETI Tempat Menyimpan Barang-barang Termasuk Benda-Benda Kuno & Antik yang Mahal Banyak Dicari PETI Harta Karun
  4. Bahkan Setelah Mati Masusia, Setelah Dibungkus Dengan Kain Kafan Lalu Dimasukkan Dalam PETI Mati
  5. Usaha Bisnis PETI Termasuk PETI Mati juga Berkembang Pesat, Tapi Jangan Coba Promosi dengan Mengirim PETI Mati Kepada Calon Pelanggan, BAHAYA!
  6. PETI Harta Karun yang Kabarnya Banyak Tertimbun Di Gunung-gunung Juga Terus Mareka Kejar dan Dapatkan
  7. Fungsi PETI yaitu Untuk Mengemas Barang2 Unutk Digunakan, Disimpan Atau Dibuang, Makanya Sering Kita Dengar Disebut dengan Padanan Kata KEMAS
  8. Sebagai Contoh Pelabuhan PETI KEMAS Tanjung Periuk
  9. Bagi Orang-orang yang Berkecimpung Bidang Lingkungan Hidup Sangat Mengerti dengan Limbah B3 Tentunya
  10. Limbah Bahan Berbahaya & Beracun (B3) Ini Sangat Berbahaya Terhadap Kehidupan Manusia dan Lingkungan
  11. Limbah Tersebut Harus Diperlakukan Khusus, Dikumpul dan Dimasukkan Dalam PETI KEMAS Dengan Persyaratan Khusus Juga
  12. PETI KEMAS Memang Sangat Dibutuhkan Untuk Membuat Semuanya Aman, Nyaman dan Bagi Kehidupan yang Lebih Baik
  13. Lalu Apa Sebenarnya Isinya PETI KEMAS itu, Mengapa, Bagaimana, Kenapa dan Sebagainya ? Penasaran? Kata Kuncinya Ada di Sebuah Training, Yaitu :

PETI KEMAS  :  PROPOSAL ENVIRONMENTAL TRAINING for INTELLECTUAL (PETI), KAFFAH ENVIRONMENTAL MANAGEMENT SYSTEM (KEMAS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s