KESEJAHTERAAN & KEHARMONISAN BERSAMA (Sistem Ekonomi Zakat)

…كَيْ لا يَكُونَ دُولَةً بَيْنَ الأغْنِيَاءِ مِنْكُمْ…. (الحشر: 7)

“… Supaya harta itu jangan beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu….” (Al-Hasyr: 7)

وَأَقِيمُوا الصَّلاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ (البقرة: 43)

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.” (Al-Baqarah: 43)

Sebagai makhluk sosial pastinya manusia tidak dapat hidup sendiri, ia akan selalu memerlukan MENOLONG atau DITOLONG oleh manusia/orang lain dalam melakukan sesuatu. Dalam semangat MENOLONG dan DITOLONG inilah dikenal 2 istilah atau sebutan kategori/golongan manusia, yaitu GOLONGAN TANGAN DIATAS dan GOLONGAN TANGAN DIBAWAH.

Golongan Tangan Diatas adalah Golongan Manusia yang mampu memberi dari kemampuan yang dia miliki baik kemampuan materi (tangible) maupun kemampuan immaterial (nilai2 Intangible seperti ilmu, jasa,tenaga, semangat, kegigigiha,kejujuran dsbnya). Sedangkan Golongan Tangan Dibawah adalah Golongan yang serba lemah/miskin atau miskin segalanya (materi maupun immateri).

Karena nasib & takdir manusia berbeda-beda, tergantung pada usaha, do’a dan ketentuan-Nya. Kadang bernasib & Ditakdirkan oleh Nya Baik/Beruntung dan kadang sebaliknya Buruk/Tidak Beruntung, bisa berubah-rubah dalam kehidupan seperti Roda Pedati Kadang Diatas Kadang Dibawah. Dan Ketika sedang bernasib & takdir Baik/Beruntung manusia masuk kategori/golongan Tangan Diatas dan sebaliknya bila nasib & takdir sedang jelek/tidak beruntung masuk dalam kategori/golongan Tangan Dibawah.

          Perbedaan Golongan ini menghasilkan irama hidup manusia yang Dipengaruhi oleh Nafsu & Godaan-godaan yang dapat menyebabkan gejolak2 dan bermacam-macam masalah dalam kehidupan.

ALLAH SWT melalui Din-Nya Islam menjembatani agar perubahan nasib & takdir atau golongan tsb, tidak menimbulkan gejolak-gejolak masalah besar yang dapat merampas kehidupan manusia (hidup manusia itu sendiri) berupa kelangkaan atau kepunahan/kematian (endangered or dead). Dalam ajaran wahyu-Nya, ada perintah/kewajiban dari golongan yang bernasib & takdir baik/beruntung untuk mengulurkan tangannya/memberi Kepada Golongan yang Tidak Beruntung berupa Kewajiban ZAKAT, SADEQAH, INFAK dan lainnya.

Sistem ekonomi zakat ini akan menjamin dan menjaga KESEJAHTERAAN & KEHARMONISAN hidup bersama dengan tuntunan/ajaran-ajaran lainnya yang saling berkaitan tak terpisahkan (terintegrasi atau kaffah/utuh menyeluruh) antara golongan tersebut diatas.

Ketika  sistem ini rusak, manusia tidak mena’atinya atau tidak dijalankan dengan baik oleh kedua belah pihak, akan terjadi kesenjangan (gap) yang lebar sebagai akibat egoisme , nafsu, godaan-godaan keserakahan, iri, dengki yang berkembang,  yang dapat saling menghancurkan masing-masing golongan. Pertentangan kelas (Borjuis Vs Proletar) apa yang disajikan ketika lahirnya konsep ideologi Komunis/Sosialisme sebagai reaksi terhadap Kapitalisme pada dekade yang lalu merupakan bukti sejarah.  Akibatnya, menimbulkan kerusakan-kerusakan kehidupan yang disebabkan oleh tangan-tangan manusia yang tidak mena’ati Sunnatullah (Hukum-Hukum Allah), yang telah nampak kerusakan di darat, udara dan lautan (Lihat QS Ar Rum 30 Ayat 41)

Konsep ekonomi zakat dalam ajaran Islam dengan segenap tuntunan/ajarannya yang utuh menyeluruh (kaffah) lainnya apabila dilaksanakan secara baik dan benar dari Manajemen Rasulullah SAW- dari hari kehari akan bertambah baik (Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan seterusnya).  Disinilah manajemen by proses sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan & teknologi (kebudayaan manusia) yang berkembang terus sejalan dengan pertumbuhan manusia sebagai makhluk pembelajar dari ayunan sampai keliang lahat. Maka tentu saja akan menghasilkan KESEJAHTERAAN & KEHARMONISAN kehidupan bersama  yang membawa rahmat bagi sekalian alam (Rahmatan lil’alamin)..Wallahu’alam bissawasab!

Jakarta, 28 Juli 2013 /20 Ramadhan 1434 H

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s