HUKUM KAUSALITAS SEBAB AKIBAT

Seperti yang kita ketahui bahwa sesuatu yang berwujud/ materi atau benda di jagad raya (makro kosmos) ini mempunyai sifat dan karakteristik tersendiri. Segala sesuatu yang ada dialam ini disebut juga makhluk atau yang diciptakan. Dan sudah pasti kalau ada yang diciptakan tentu saja ada yang Mencipta atau Pencipta. Pencipta oleh manusia yang meyakini ada Tuhan disebut Tuhan. Dalam keyakinan agama Islam yang dimaksud Tuhan adalah ALLAH SWT.

Dalam keyakinan Islam alam sebagai ciptaan ALLAH SWT dengan segala isinya merupakan makhluk yang terikat dengan sifat-sifat sebagai makhluk, yaitu sangat tergantung pada ruang dan waktu. Ada batas usia hidup (life time) masing-masing sampai batas usia waktu tertentu berakhir atau kiamat. Semua yang bersifat makhluk atau benda termasuk manusia akan mengalami proses dari waktu ke waktu dari awal permulaan, lahir pada manusia, kemudian tumbuh berkembang menuju usia remaja, tua dan kemudian mengalami kematian atau berakhir. Demikian juga dengan alam planet bumi yang ditempati manusia ini, ada masa awal permulaannya dan sekarang sedang menuju proses menuju berakhir atau kiamat. Tentang kapan masa semua itu akan berakhir atau kiamat, walau banyak manusia yang melakukan ramalan sampai sekarang buktinya bumi masih terus beredar/berevolusi mengelilingi matahari, tidak ada seorangpun yang tahu kapan akan kiamat?  Tanda-tanda akan datang kiamat ada di sampaikan oleh Rasul Muhammad Saw akan tetapi kapan kiamat, wallahu’alam bissawab.

Sebagai makhluk ALLAH SWT alam lingkungan kita sama seperti fisik/jasmani manusia berlaku hukum tunduk dan patuh pada ketentuan/Ketetapan  ALLAH SWT atau disebut juga dengan Sunnatullah (hukum ALLAH SWT). Sifat fisika kimia , biologi yang berlaku yang dipelajari sekarang, hukum-hukumnya ditemukan oleh manusia adalah merupakan sunnatullah. Manusia hanya menemukannya saja segala sesuatu sudah ada qodha dan qadarnya. Dan apabila dalam penelitian atau penyelidikan manusia semua unsur telah memenuhi qodha dan qadarnya maka akan berlaku ketentuan ALLLAH (Sunnatullah). Karena alam merupakan makhluk ciptaan-Nya, maka alam dan lingkungan tunduk dan patuh, menyerah diri kepada ALLAH SWT. Ilmu pengetahuan seperti ilmu fisika, kimia, matematika, biologi, ilmu bumi, ekonomi dan lain sebagainya adalah hanya merupakan nama kategori atau pembagian golongan yang dilakukan manusia untuk membeda-bedakan atau memudahkan saja.                

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s