ENERGI

“Siapa Menguasai Energi Dialah yang akan Jadi Penguasa” Itu kata-kata yang sering kita dengar sehari-hari diucapkan dari forum ke forum.

Sejak Revolusi Industri di Inggris (1750- 1850 M) telah merobah secara drastis akan pemanfatan sumberdaya alam dari semula sangat bertumpu pada tenaga hewan dan manusia berubah menjadi tenaga yang dihasilkan dari energi fossil, terutama batubara, minyak dan gas bumi.

Negara-negara yang mengalami kemajuan di bidang teknologi perminyakan dan gas bumi menawarkan proposalnya untuk bekerjasama untuk eksporasi dan eksploitasi sumberdaya alam untuk dapat memenuhi kebutuhan industri mareka. Sementara negara miskin dan berkembang butuh penanaman modal di bidang eksplorasi dan eksploitasi sumberdaya alam berupa minyak, gas, batubara dan berbagai mineral lainnya untuk dapat mendapatkan devisa bagi negara, bagi melanjutkan pembangunan sosial ekonomi dan budaya bangsanya mengejar ketertinggalan. Nach dalam kenyataan yang terjadi dari hasil kerjasama tersebut, dalam perjanjian kerja (kontrak karya) negara-negara miskin tetap tinggal dalam kemiskinannya, sementara negara maju (yang menguasai ilmu pengtahuaan dan teknologi) cukup pesat mengalami kemajuan.

Ada ketidakadilan yang terjadi selama ini, yang sudah berlangsung berpuluh-puluh tahun tidak ada yang berani mengkritisi. Pemimpin-pemimpin dari negara miskin dan berkembang sangat bergantung pada negara maju sampai-sampai kehilangan jati diri sebagai bangsa. Hidup hanya ada dua pilihan sebagai kawan atau sebagai lawan (musuh). Bagi negeri-negeri yang melawan kehendak dari negara maju, artinya tidak mau bekerjasama dengan mareka, mengandalkan keahlian dan keandalan teknologi sendiri atau negeri lain yang tidak sepaham, bersiap-siaplah untuk menerima berbagai tuduhan yang menyeramkan, seperti negeri teroris, pelanggaran HAM dan Kemanusian, merusak lingkungan dan lain sebagainya. Suatu senjata ampuh untuk memojokkan lawan. Ironis!. Didunia yang mendengungkan demokrasi akan tetapi penjajahan bidang ekonomi (energi) terus terjadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s